Cursed Crown – Frequently Asked Questions

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Halooow! Postingan ini khusus kami buat untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering banget muncul:

  • Yang sebenarnya sudah terjawab di chapter sebelumnya tapi masih bikin readers bingung
  • Yang sebenarnya secara samar sudah terjawab di chapter sebelumnya dan lebih bikin readers bingung
  • Yang memang sengaja dijadikan misteri sampe chapter tertentu
  • Atau memang kami yang khilaf :-p hehehhee…

.

.

.

R: Miinalee dan Dndthecat (Dee) itu satu orang atau orang yang berbeda?

Miinalee: ….lelah kami menjelaskan ini nak…

Dndthecat: Jadi ngerti gimana rasanya jadi Zhoumi yang hidup dibawah bayang-bayang Siwon. Wkwkwkwkwkk…

Miinalee: … aku mau hidup di bawah badan Siwon, boleh?

Dndthecat: Yowiiss gih sana mumpung dia lagi jomblo.

———

R: Ini cerita original atau terinspirasi dari novel lain? *nada ga percaya*

A: Kalau gaya tulisan, sebagian mungkin terinspirasi dari gaya tulisan J.R.R Tolkien dan George R.R Martin. Tapi soal isi cerita dan plot di Cursed Crown adalah hasil cipta kami~

Sebutan untuk ras-ras seperti elf, ogre, orcs, werewolf, direwolf, dll yang memang sudah umum dan sering digunakan di novel-novel seperti LoTR, Harry Potter, dll. Sleipnir diambil dari Thor. Sedangkan istilah Snowelf kami buat sendiri.

———

R: Kenapa Kyumin momentnya cuma sedikit siiiihhh!? Saya kan ngikutin fanfic ini buat Kyumin doang! Nggak suka karakter lainnya!

A:  Well… Emang pairing utamanya Kyumin, tapi untuk sekarang kan udah cukup jelas kondisi Radourland dan Kyumin yang baik-baik aja. Makanya kami beralih menjelaskan tokoh-tokoh lain dan membawa reader ‘jalan-jalan’ ke negara lain.

Apa kurang menarik ya kisah tokoh-tokoh SJ lainnya? We tried to write best possible scenario for them in CC.

Lagian nanti kalau anaknya udah lahir, bakal sering Kyumin lagi kok. Kalau tiap bentar Kyumin ada masalah lagi masalah lagi, bosan nggak sih, kayak sinetron gitu ga habis-habis masalahnya? Tapi kalau memang nggak suka yaa… Mau gimana?

Padahal ini rencananya bakal nambah couple lagi #PLAK

We’re still going to write other character’s stories! Soalnya kami suka semua karakternya (mau jahat atau baik) dengan adil. Bear with it, or love it, or leave it.😉

———

R: Kirain Ryeowook masih remaja sebayanya Sungmin gitu, ternyata udah 36 tahun. Tua banget!

R: Kyuhyun sama Sungmin umurnya jauh juga ya bedanya…

A: Heemmm… Rasanya kami sudah pernah menjelaskan (mungkin secara tersirat atau secara author note) bahwa perhitungan umur makhluk-makhluk yang ada di universe CC tidak bisa disamakan dengan umur manusia.

Untuk ras manusia memang ada di Graentland, tapi selebihnya tidak bisa disamakan. Kira-kira seperti ini pembagian umur dan rentang hidup masing-masing ras:

pic 1

Snowelf rentang hidupnya paling panjang tapi jumlah populasinya paling sedikit.

Monster Svarturland rentang hidupnya sama hitungannya dengan Demon.

Khusus untuk di blog gelundungan, kami sediakan link untuk mendownload file excel perhitungan umur ras lain menjadi umur manusia (kalau reader kepo sih, misalnya Ryeowook umurnya 36 tahun, atau Kangin umurnya 352 tahun itu dalam usia manusia berapa tahun?)

<download the excel here>

———

R: Minta daftar umurnya doooong~

A: Hahahahaa… Buat apa? Mau masang lilin di kue ultah mereka nanti? Ini daftar umurnya ya (cuma yang diinget sama author aja, masih banyak cast yang belum masuk nih):

Current year: 1258

pic 2

edit pic 1

edit pic 2

pic 5

Pic 6

———

R: Alpha Beta Omega itu gimana sih sebenarnya di cerita ini? Aku nggak ngerti.

A: Mungkin di novel, komik, atau diinternet ada berbagai macam versi penjelasan soal Alpha Beta Omega (disingkat ABO). Tapi khusus yang versi CC adalah seperti ini yaa:

ABO adalah sistem pembagian gender yang hanya dimiliki oleh ras Snowelf.

Alpha: Gender yang dianggap paling superior. Dominan, dan hanya ada sekitar 30% alpha dari semua penduduk snowelf. Penjelasan simplenya sih, di mata manusia, alpha ini jenis kelamin “laki-laki”. Tidak bisa melahirkan anak.

Beta: Gender terbanyak ras snowelf (umum). Sekitar 50% penduduk snowelf berjenis kelamin beta. Beta bisa melahirkan anak. Penjelasan kasarnya, beta bisa jadi laki-laki atau perempuan, tergantung dari pasangan mereka. Beta juga bisa berhubungan dengan beta, urusan siapa di bawah dan siapa di atas itu kesepakatan mereka hahaha.

Omega: Gender yang dianggap inferior, atau rendah, namun tahta dan keturunan bisa mempengaruhi juga. Hanya sekitar 20% snowelf bergender omega yang ada di Hviturland. Omega bisa melahirkan anak. Penjelasan simplenya, omega ini adalah jenis kelamin “perempuan” walau dia juga punya genital laki-laki.

———

R: Aku masih ga ngerti sama mating mating.

A: Mating itu ikatan dua orang (dari ras selain manusia), yang bikin ribet itu kalau mating antar ras seperti kasus KyuMin, KuiSheng, dan beberapa pasangan lain nantinya. Kita bahas satu-satu:

Mari kita singkirkan istilah kawin dan menikah, karena keduanya jauh berbeda dengan mating atau mark apapun. Pasangan yang kawin dan menikah ga harus mengikat diri satu sama lain sebagai ‘mate’, barangkali aja dari awal nikah udah kepikiran mau pisah atau selingkuh, nah yang begitu tidak disarankan untuk mengikat ‘mate’. Berbeda dengan snowelf, kalo udah terlanjur dikawinin ya harus diikat mate, kalo ga bisa metong, kayak kasus Jaejoong. Sebelum bahas drop down setiap ras, kita bahas dulu jenis-jenis ikatan dalam hubungan. (anjir bahasanya)

Jadi mark itu ada 3:

  • Mate Mark

Pasangan saling terikat satu sama lain, saling merasakan emosi, sakit, dan hubungan mereka ga bisa ditengahi oleh orang ketiga manapun. Contoh pasangan: KyuMin, KangTeuk, dan anak-anak perempuan Kangin.

 

  • Devotion Mark

One-sided marking. Hubungan yang berat sebelah: Satu orang (devoter) mengikat diri dengan pasangannya (lover), jadi si devoter ini tidak bisa berhubungan dengan orang lain selain pasangannya (lover), devoter bisa merasakan emosi dan sakit dari pasangannya, tapi tidak timbal balik karena lover tidak terikat dengan devoter. Jadi mau selingkuh weh soook, mau tidur sama orang lain sok weh, tapi ya paling pasangan yang sudah men‘devoted’kan dirinya ini yang merasakan imbasnya. Kebanyakan jenis mark ini digunakan sama selir-selir atau ratu-ratu yang dijodohkan dengan raja (yang ga mau ngikat mereka jadi mate).  Devotion mark bisa dilakukan oleh submissive ke dominan, dominan ke submissive, submissive ke pasangan manusia, atau dominan ke pasangan manusia. Contoh pasangan: Kuixian/Shengmin

  • Possesion Mark

One-sided marking juga. Seseorang dominan menandai submissive untuk menunjukkan ‘kepemilikan’. Yang menandai lebih diuntungkan daripada yang ditandai (lebih untung si dominan), kurang lebih kayak hubungan majikan sama budak/peliharaan. Submissive yang sudah ditandai ini tidak bisa lagi jadi mate orang lain, istilahnya ‘tainted’. Kalau cuma sekedar hubungan fisik dengan orang lain masih bisa, cuma ga akan bisa sepuas sama majikannya. Ga bisa berada jauh-jauh dari masternya dalam kurun waktu terlalu lama. Di jarak waktu berkala butuh asupan energi dan ‘sentuhan’ dari majikannya. Possesion mark bukan tentang merasakan emosi atau rasa sakit pasangan maupun masternya. Possesion mark is the ugliest mark—semua tentang kebutuhan fisik belaka, asupan energi, seks, heat, seks lagi, seks lagi, dan seks lagi. Bye. Contoh pasangan: COMING SOOOOONNNN!!!!

 

Sekarang penjelasan berdasarkan Ras:

Ras Snowelf:

Mating adalah hal sakral bagi snowelf karena mereka mengikat diri kepada orang lain. Snowelf merasa bahwa mereka adalah ras tertinggi yang paling suci dan terhormat, apalagi karena mereka tidak bisa melakukan seks bebas seperti ras lain. Tidak ada snowelf yang bisa menjadikan dirinya pelacur karena nyawa seorang snowelf terikat kuat dengan kesuciannya. (Walaupun sepertinya efek-efek mating ini cuma berlaku ke beta dan omega).

Merujuk pada jawaban pertanyaan sebelum ini—pada proses mating yang bertujuan untuk reproduksi, seorang alpha biasanya akan menikahi beta atau omega yang tentunya pasangannya yang akan melahirkan. Alpha snowelf bisa poligami dan mengambil beberapa mate (pasangan), seperti Yunho. Alpha biasanya tidak menikahi sesama alpha karena tidak akan menghasilkan keturunan, sebagaimana pandangan manusia kepada gay dan lesbian.

Seorang beta bisa menikahi sesama beta atau omega. Beta tidak bisa poligami atau mengambil lebih dari satu pasangan. Jika beta menikahi omega, sudah jelas omega yang akan melahirkan anak. Sedangkan untuk sesama beta, ya tergantung pasangan tersebut siapa yang akan menjadi ‘ayah’ dan siapa yang akan menjadi ‘ibu’. Gantian juga boleh #PLAK

Seorang omega tidak bisa menghamili sesama snowelf. Namun jika mereka menikahi ras berjenis kelamin perempuan, ada kemungkinan kecil dia bisa memiliki anak dengan pasangannya tersebut. Omega juga tidak biasanya menikahi sesama omega, seperti kasus alpha. (Bisa sih, technically. Tapi jadi fruitless relationship gitu kayak Same Sex Marriage jaman sekarang)

pic 7

Jika beta atau omega sudah menjadi mate kemudian salah satu dari mereka meninggal, maka… ya jadi duda dan janda selamanya. Jarang sih kasusnya yang pingin kawin lagi, ga ada niat, dan ga akan bisa juga. Mereka bisa jatuh sakit kalo diperkosa atau memaksakan diri berhubungan badan dengan orang selain matenya.

Jika beta atau omega sudah memiliki mate (masih hidup) kemudian berhubungan dengan orang lain selain pasangannya dengan sukarela atau terpaksa/diperkosa, maka perbuatannya tersebut akan berdampak pada fisiknya dan juga fisik matenya. (Bisa sakit, pingsan, dll.)

Jika seorang beta/omega masih perawan dan kehilangan keperawanannya (sukarela atau diperkosa), mereka harus segera diikat jadi mate dengan orang yang merawanin mereka atau yang bukan. Kalau kasusnya seperti Jaejoong, dia sebenarnya bisa diselamatkan Yunho dengan diikat sebagai mate, asal Jaejoong mau gugurin kandungannya dulu. Tapi karena Jaejoong ngotot pertahanin Sungmin, yang bisa nyelametin dia (ngikat Jae jadi mate) cuma ayah kandung si bayi karena bayi itu cuma bisa nerima asupan energi dari bapak kandungnya, kalau ga dia bakal nyedot energi ibunya habis-habisan.

Kalau beta atau omega diperkosa dan ditandai dengan ‘possesion mark’, dia menanggung sendiri rasa sakit yang bakal diterima badannya. Kalau dia hamil, efeknya ga akan semengerikan ‘unmated omega/beta’ macam Jaejoong, karena mereka bisa dapat asupan energi (kalau dikasih) dari masternya.

Pengecualian bagi alpha yang memang bisa melakukan poligami. Cara ‘mating’ ras snowelf berbeda dari demon, snowelf jadi mate setelah melakukan ritual yang dibarengi perkawinan.

Lama kehamilan snowelf adalah 12-14 bulan, kecuali jika bukan anak sesama snowelf yang dikandung si snowelf.

 

Ras Siluman:

Mating juga merupakan hal sakral bagi siluman karena sama seperti snowelf tadi, mereka mengikat diri kepada orang lain—berbagi perasaan dan sakit. Mereka bisa merasakan saat pasangan mereka sakit atau dalam bahaya. hubungan ikatan timbal baliknya gimana yaa, hmm. Sebenernya ga seekstrim itu sih. Kalau pasangan mereka meninggal ya paling selama-lamanya jadi duda/janda. Harus digaris bawahi, perbedaan snowelf dengan ras demon/siluman, kalau snowelf itu ga bisa sembarangan obral keperawanan sedangkan siluman bisa. Asal ga mengikat diri atau ga jadi mate orang lain, mereka bisa menikah berkali-kali. Contoh kasus Kangin, istri pertamanya dikawinin doang, ga ‘diikat’ jadi mate. Ga ada resiko sih, ya meskipun lebih banyak untungnya di Kangin.

Cara ‘mating’ demon yaitu dengan menggigit/menandai/meninggalkan mark satu sama lain saat love-making. Lama kehamilan siluman adalah 8-9 bulan, tergantung rasnya apa.

 

Ras Manusia:

Semua udah pada tahulah ya kalau yang manusia. Reader semuanya manusia kan? Jangan-jangan ada yang snowelf? Siluman? Atau dedemit? Wkwkwk. Manusia ga bisa terikat jadi mate atau diikat jadi mate. Karena mereka makhluk fana, paling cepet beranjak tua dan mati. Tapi manusia bisa diikat dengan possesion mark dan devotion mark.

———

R: Leeteuk lagi hamil?

A: Di Universe CC cuma ada 2 jenis ras ‘jantan’ yang bisa hamil, yaitu: snowelf Hviturland dan duyung Blarland. Leeteuk yang laki-laki dari ras siluman tidak bisa hamil.

———

R: Leeteuk sakit apa?

A: Itu yang masih dicaritahu sama Kangin. Kita tunggu aja kabarnya dari uri Appa.

———

R: Tabib Ji Wan itu siapa?

A: Kayaknya tabib Ji Wan udah sejuta kali nongol di chapter sebelumnya deh -..- Dia tabib personalnya Ratu Radourland, sekarang jadi tabibnya Leeteuk.

———

R: Joon itu siapa? Daniel itu siapa?

A: Jadi yang memerintah Svarturland itu 4 bersaudara. Ini diurutkan berdasarkan usia dari yang paling sulung ya. Daniel (Jendral Perang tertinggi), Yesung (Raja/Memerintah politik istana, jadi ga ikutan perang), Joon (Jendral Perang), dan Taecyeon (Jendral Perang). Keempatnya lahir dari ibu snowelf yang berbeda dan satu ayah Ras Svarturman. Jadi mereka saudara sedarah, bukan sekandung. Joon dibunuh oleh Zhou Mi karena melukai Changmin di perang Jouvenille, dan Daniel melukai Zhou Mi untuk disandera dijadikan ganti Joon.

———

R:Yesung itu monster???

A: Technically, yes.

Yesung (dan ketiga saudaranya tadi dan beberapa orang lainnya di Svarturland) sebenarnya dari ras Svarturman—sosok sempurna ogre/monster yang punya wujud manusia, walau warna kulitnya rada abu-abu. Ras ini belum diketahui sama orang-orang dari negara lainnya karena memang tiap berperang, svarturman memakai wujud monsternya sebagai kamuflase.

Svarturman hanya terlahir dari ibu snowelf yang dikawini ras monster svarturland atau svarturman juga.

———

R: Jadi Shengmin itu snowelf atau siluman kelinci? Kenapa dia belum bangun-bangun sih?

A: Snowelf. Kuixian nyebut dia siluman kelinci itu kebohongan yang disengaja. Pertama, gamau Kyuhyun tahu. Kedua dia bohong ke Siwon karena… bisa mati dia ketahuan nyembunyiin saudara ratu yang lagi sekarat -..-

Shengmin jadi koma gitu karena dia udah capek-capek nge’devoted’ dirinya ke Kuixian eh Kuixian malah bobo sama cewek manusia, yaudah deh dia ngambek (sakit) dan jatuh koma

———

R: Kok Svarturland sama Hviturland tiba-tiba perang?

A:  Dari jaman batu mereka udah perang kok, sejak nenek moyang Yunho. Cuma ga tiap hari. Kadang perang, kadang hening. Ada legenda asal mulanya, mungkin nanti di chapter-chapter berikut diceritakan, apalagi sekarang Zhou Mi udah ditangkap sama mereka. Mhihihihihi… *ketawa najis*

———

R: Bakal ada YeWook ya? Gimana ceritanya tukang kebon bisa pacaran sama raja dari beda negara?

A: Tehehe, kasih tau ga yaaa~

———

R: Kyuhyun disini ga kuat ya?

A: Kuat kok, apalagi dia punya darah Direwolf. Cuma ya kalo mau diadu sama Siwon dan Daniel kayaknya bakal kalah wkwkwkwk… Dia ya seperti dia yang kita kenal. Lebih demen mainan game (?) strategi ketimbang terjun ke duelnya langsung.

———

R: Daniel siapa ya? Aku susah bayanginnya kalau nggak tau orangnya.

A: Model karakter Daniel diambil dari actor Daniel Henney. Googling deh kalau mau liat lebih banyak. Nih kami kasih contoh:

korean-wave-daniel-henney

———

R:Line-nya ga bisa dibuka!

A: Ini linknya~ here atau add di line @hjc3856d (pakai @). Kalau setelah baca FAQ ini masih bingung juga, silahkan tanyakan di line yaaah~

———

R: Zhou Mi mau diapain ituuu? Masa mau dihamilin, ga cocok iiiih!

A: Ya emang gitu takdirnya di CC. Wkwkwkwkwkk…Both author already agree that our Mi is a beautiful being and too delicate to be dominant. Mubazir mbakbro. Uke tinggi semampai dan sebening dia… kapan lagi ada yang lain? Kalau kalian nonton video-video Mi, interaksi Mi dengan orang lain, dll. Pasti kalian ngerti. Besides… we even ship Hannigramfrom the TV Series Hannibal, and Thorki from Thor. Compared to Will Graham, Zhou Mi is heavenly~

Buat yang nggak rela, anggap aja Daniel adalah super seme yang bisa nge-ukein seme lain.

———

R: Authooorrr! Kalian udah sukses bikin aku ngeship pairing Zhoumi-Daniel! Tanggung jawab!

A: Wkwkwkwkwk kami senang banget kalau kalian suka!😄 High-five!!!

Pssttt… kami tanggung jawab kok. Fufufuuuu~

———

R: Jadi sebenernya rambut Zhou Mi itu ungu gelap atau pirang?

A: Wkakakaaa… let us tell you about this… Kita berdua sama sama pikunan soal karakteristik karakter yang udah terlanjur kita buat. Mulai dari urutan saudara, warna mata, warna rambut, rambutnya sepanjang apa, dll. Sampe kita harus nyatet di file khusus supaya ga pikun. Dan untuk Zhou Mi, rambut dia sementara ini pirang yooww!

Untitled-1

———

R: Nanti bakal ada TOP GD Moment nggak? Aku suka couple itu~

A: Emang ada kan tuh, di Chapter Special Hviturland? Rencananya sih ke depannya juga. Doain aja soalnya masih tentative.

———

R: Thor aku baca ada tag incest. Itu berlaku utk Jiyoung-Seunghyun aja atau jangan-jangan nanti bakal ada Changmin-Zhoumi?

A:Ngahahahahaa… *evil laugh* Jiyoung-Seunghyun emang udah jelas. Tapi untuk yang laiiinn… nanti kalian juga bakal tahu kok.

———

R: Kalau Haehyuk Moment ada nggak nanti?

A: Bakalan ada! Tunggu aja yaa, sebentar lagi kok.

———

R:Kenapa Sungmin bau Direwolf? Apa karena bawaan bayinya seperti dugaan Kyuhyun?

A: Masih dirahasiain. Ikutin aja yaaa…

———

R: Jadi sebenernya Sungmin itu anak Yunho atau bukan?

A: Anaknya Jaejoong. Soal siapa bapaknya? Masih rahasia~

———

R: Kenapa Sungmin malah mirip Shengmin, bukan mirip ibunya?Atau bapaknya?

A: Jawabannya seiring chapter ya~

———

R: Kuixian ama Kyuhyun juga kenapa mirip ya?

A: Nanti akan dijelasin di chapter-chapter ke depan.

———

R: Yaaaahhhh kirain bakal ada scene Yunho-Junsu! Kok ga jadi siiihhh???

Miinalee: Ya kan? Ya kan?? Ya kan??? Aku juga maunya gituuu tapiii— *lirik Dee*

Dndthecat: *pokerface* Inget ploott naakk… Jangan kebawa napsuuuuuuu…

———

R: Yunho nggak tahu ya kalau Seunghyun begini? Kalau Siwon begini? Kalau Junsu begini? Kalau bla bla bla???

A: Yunho sebagai raja udah pasti paling sakti di Hviturland, mana udah bangkotan umurnya. Dia emang terkesan nggak tahu apa-apa karena ngerem di kamar doang, tapi sebenarnya banyak banget yang dia tahu. Cuma dia memilih diam aja, sengaja. Buka kartu deh—Junsu bisa kabur waktu mau dirape itu juga sebenarnya dia sengaja kok, cuma buat nakutin aja.

Yang Yunho nggak tau itu cuma satu, identitas bapaknya si Sungmin ini.

———

R: Please buat dong side storynya Yunho-Jaejoong dan Kangin-Leeteuk! Aku penasaran banget nih, ga ngerti hubungan mereka dulunya gimana!

A: Sebenarnya udah kami buat (baru 70-80% lah). Untuk kedua side story ini baru bisa dipublish setelah main story CC-nya tamat. Kalau nggak bakal spoiler abis.

———

R: Hubungan Yunho – Jaejoong – Shengmin – Junsu itu gimana sih sebenarnya?

A: Ini kan pernah dijelasin waktu Junsu manggil Siwon ke kamarnya? Kalau kelewat bacanya, yaudah… kita jelasin lagi secara singkat disini karena bakal kelamaan juga kalau nunggu sidestory-nya.

Mencari ratu ketiganya, Yunho itu awalnya ditunangin ama Shengmin, omega dari raja kerajaan Hviturland lainnya. Namun karena Shengmin kawin lari (?) ama Kuixian, Jaejoong yang juga kembaran Shengmin jadi gantinya. Yunho emang cintanya ama Jaejoong dari awal ketemu di pertemuan-pertemuan keluarga kerajaan. Pas udah mau nikahan (?) Jaejoong malah hamil Sungmin, ga tau siapa yang hamilin. Keluarga mereka malu banget, dan akhirnya nyodorin Junsu yang anak bungsu mereka untuk gantiin Jaejoong yang meninggal habis ngelahirin Sungmin.

———

R: Cursed Crown bakal dibukuin ga sih? Sayang banget kayaknya kalo ga dibukuin.

A: Um… gimana ya… Ceritanya emang masih panjang sih, hmmm… Kalo dibukuin pada mau beli ga?

———

R:Kitty-Kitty Baby kapan dilanjut? TC? Tiny Toes? Inaudible? *nyebutin satu2 judul ff miinalee*

Dndthecat: Errr…. Sun? *lirik Miinalee*

Miinalee: …. THE ENNNNDDDD! *tutup gorden*

~The End (?)~